Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2016

OBJECTIVE MIND: CAHAYA ISLAM DI EROPA

OBJECTIVE MIND:  CAHAYA ISLAM DI EROPA

Anis Syatul Hilmiah

Abstrak:  Islam  adalah agama yang memberikan rahmad untuk semua umat. masuk Spanyol membawa kedamaian dan kemajuan peradaban. Islam tumbuh menyinari Spanyol hingga 750 tahun lebih, jauh sebelum Indonesia mengenal Islam. tokoh-tokoh Islam telah menjelajah menyeberangi Samudra hingga ke Indonesia, berkelana jauh sampai Cina dengan jalur suteranya. Novel 99 Cahaya di Langit Eropa ini menunjukkan bahwa Islam pernah menjadi sumber cahaya yang terang benderang ketika Eropa diliputi abad kegelapan. Islam pernah bersinar sebagai peradaban maju di dunia, ketika dakwah bisa bersatu dengan pengetahuan dan kedamaian.

Kata Kunci: Cahaya Islam

PENDAHULUAN
Novel yang menyajikan tentang pertautan indah antara peradaban Islam dan Eropa99 berjudul  Cahaya di Langit Eropa. Dalam novel ini kita dapat melihat sisi indah Islam dan Eropa yang belum banyak diketahui oleh masyarakat mungkin. Novel ini memberikan fakta-fakta sejarah yang indah, jelas dan benar adanya tentang indahnya peradaban Islam yang terang-benerang.
            Islam dan Eropa pernah menjadi pasangan yang serasi. Namun saat ini, hubungan mereka sering mengalami pasang surut prasangka negatif dengan berbagai dinamikanya bahkan mengarah ke konflik. Kontroversi kartun Nabi Muhammad, film Fitnah di Belanda, dan serangan teroris 11 September di Amerika sempat  menyebabkan hubungan dunia Islam dan Eropa mengalami ketegangan yang cukup serius. Mengutip kata-kata George Santayana “Those who don’t learn from history are doomed to repeat it”, barang siapa yang melupakan sejarah, dia pasti akan mengulanginya. Banyak diantara umat muslim tidak lagi mengenal sejarah kebesaran Islam masa lalu. Tidak banyak yang tahu bahwa luas teritori kekhalifahan Umayyah hampir 2 kali lebih besar daripada wilayah kekaisaran Roma di bawah Julius Caesar. Tidak banyak yang tahu pula bahwa peradaban Islamlah yang memperkenalkan Eropa pada Aritoteles, Plato, dan Socrates yang akhirnya memberikan angin renaissance bagi kemajuan Eropa saat ini. Cordoba, ibu kota kekhalifahan Islam di Spanyol, pernah menjadi pusat peradaban pengetahuan dunia.
            Islam pertama kali masuk Spanyol membawa kedamaian dan kemajuan peradaban. Islam tumbuh menyinari Spanyol hingga 750 tahun lebih, jauh sebelum Indonesia mengenal Islam. Namun kita harus bertanya, apa yang membuat cahaya ini meredup? peristiwa apa yang bisa kita pelajari dari kesalahan-kesalahan masa lalu agar kita tidak terperosok di lubang yang sama?. Umat Islam terdahulu adalah treveler yang tangguh. Jauh sebelum Vasco de Gama menemukan Tanjung Harapan, atau Cristoper Columbus yang menemukan benua Amerika, tokoh-tokoh Islam telah menjelajah menyeberangi Samudra hingga ke Indonesia, berkelana jauh sampai Cina dengan jalur suteranya. Novel 99 Cahaya di Langit Eropa ini menunjukkan bahwa Islam pernah menjadi sumber cahaya yang terang benderang ketika Eropa diliputi abad kegelapan. Islam pernah bersinar sebagai peradaban maju di dunia, ketika dakwah bisa bersatu dengan pengetahuan dan kedamaian. Disini penulis mencoba untuk melihat fakta-fakta sejarah yang disuguhkan dalam novel ini, sehingga keunikan fakta-fakta tersebut dapat dibuat objective mind dalam kajian sejarah.

PEMBAHASAN                   

A.Jejak-jejak Sejarah dalam Novel
1.  Patheon (Perancis)
Dalam novel terdapat terdapat pernyataan  “kalian lihat bangunan besar di depan itu? itu adalah Patheon. Dulu gereja, sekarang kuburan. Banyak orang terkenal yang dikubur disana.”
Bangunan tersebut memang ada keberadaannya. Bangunan tinggi, besar dan beratap kubah, dan disanggah 6 pilar berukuran raksasa. Bangunan ini mencolok karena ukuran dan posisinya tepat di tengah jalan. Kubah bangunan ini mirip rotunda gedung Capitol Hill di Washington DC. Di dalam gedung ini terdapat kuburan sastrawan, filsuf atau ilmuwan seperti Victor Hugo, Voltaire, Marie Curie, atau Louis Braille (penemu huruf Braille).
2.  Celestial Sphere oleh Yunus Ibn al Husayn al Asturlabi (1145)
Terdapat percakapan “Marion, ini apa? Seperti bola dunia. Sambil menunjuk sebuah benda aneh berbentuk bola emas dengan tulisan dan angka-angka yang tak kumengerti.
Benda tersebut adalah bola langit, lebih tepatnya peta antariksa ilmu falak yang dikembangkan astronom Islam abad ke-12. Ketika benua Eropa masih berada di Zaman Kegelapan atau Abad Pertengahan, 700 tahun sebelum abad 19 ilmuwan muslim telah mampu membuat peta antariksa, gugusan bintang dan planet di luar angkasa. Walaupun orang Eropa tidak menyukai sebutan Abad Kegelapan, namun fakta sejarah tidak dapat dielakkan 10 abad lebih mereka dalam masa kegelapan, dan saat itu Islam adalah peradaban yang paling maju.

3.  Axe Historique (Garis imajiner yang membelah kota Paris)
Potongan percakapan dalam novel “kaulihat itu, Hanum? Air mancur besar, Monumen Obelisk Mesir, jalan Champs-Ѐlysѐes, dan Monumen Arc de Triomphe di ujung jalan sana membentuk garis lurus yang sempurna.
Napoleon Bonaparte membangun  Axe Historique atau sebutan lainnya adalah Voie Triomphale yang artinya Jalan Kemenangan sekembalinya dia menaklukkan Mesir tahun 1798. Voie Triomphale ini dibangun untuk merayakan keberhasilan Napoleon Bonaparte. Napoleon sendiri yang memerintahkan untuk membangun 2 monumen besar yang yang berbentuk pintu gerbang mengapit jalan Champs-Ѐlysѐes. Kemudian dibangun kembali bangunan tambahan sepanjang garis antara 2 monumen tersebut yaitu Obelisk Mesir tahun 1800-an dan Piramida Louvre dan la Dѐfense atas perintah Presiden Mitterand.



4.  Gereja Notre Dame
Penggalan diskripsi gereja dalam novel “Gereja Notre Dame sudah ada di depan mataku. Rupanya gereja ini terletak di sebuah pulau kecil tepat di tengah Sungai Seine yang membelah kota Paris.
Gereja raksasa ini konon bentuknya mirip dengan Mesquita, gereja di Cordoba Spanyol. Tiga gerbang utama untuk keluar dan masuk katedral ini berbentuk kubah lengkung atau ogive yang berbentuk kurva lancip pengaruh budaya Islam yang jumlahnya selalu lancip. Bentuk ogive ini selalu identik dengan masjid. Gerbang ogive ini juga mirip dengan pintu gerbang Masjidil Haram dan Taj Mahal.

5.  Kota Cordoba dan Granada
·      Potongan dialog dalam novel “Eropa saat ini sangat menjunjung tinggi nama besarnya. Dia Averroёs atau Ibnu Rushd. Filsuf terkenal dari Cordoba.”
Averroёs atau Ibnu Rushd merupakan filsuf yang memperkenalkan the double truth doctrine, dua kebenaran yang tak terpisahkan antara agama dan ilmu pengetahuan atau sains. Pada abad kegelapan Eropa, tidak ada yang berpikir tentang ilmu pengetahuan. Mereka dipaksa meyakini kebenaran agama mentah-mentah, tanpa kebebasan menggunakan akal mereka. Averroёs paham bahwa kewajiban manusia hidup di dunia ini adalah berpikir. Sehingga jika hal ini dikekang, diberangus maka akan menjadi bom waktu.
·      Kami turun di Gran Via, pusat kota Granada, lalu melanjutkan perjalanan ke bukit Assabica dan tentu saja menuju Al-Hambra.”
Granada adalah dinasti Islam terakhir yang mencoba bertahan di Spanyol kala itu. Istana Al-Hambra dari kekhalifahan Nasrid merupakan bukti terakhir kejayaan Islam yang kemudian diserahkan pada Raja Ferdinand dan Ratu Isabella yang sering dijuluki sebagai the royal couple yang menorehkan sejarah kelam Islam di Spanyol. Namun di sisi lain mereka berdualah yang mempersatukan Spanyol sebagai kerajaan Kristen terbesar di Eropa, sekaligus mengusir Islam dari bumi Spanyol. Sultan Boabdil membuat persetujuan dengan Ratu Isabella, istana diserahkan dan dia bersedia diusir, namun dia meminta Isabella melindungi masyarakat Granada dalam menjalankan keyakinan masing-masing yaitu Kristen, Islam dan Yahudi. Dalam kurun waktu 10 tahun setelah Granada takluk, Isabella dan Ferdinand memerintahkan pembabtisan masal kepada seluruh penduduk baik Islam maupun Yahudi sekaligus melarang tradisi-tradisi yang berbau Arab dan melarang penggunaan bahasa Arab.

6.  Istanbul, Turki
Istanbul, Islambol, New Rome, Constantinopel atau Konstantinopel adalah aneka sebutan untuk kota ini.”
Hagia Sophia bagi umat Islam pastilah peninggalan masjid raya megah yang menjadi ikon kemenangan Dinasti Usmaniyah atas Byzantium Romawi. Namun bagi umat Kristen, Hagia Sophia adalah gereja termegah  pada zamannya. Di dalam Hagia Sophia terdapat dua nyawa berbeda dalam desainya. Desain awal Hagia Sophia tergambar motif lukisan Yesus, Bunda Maria, Malaikat Jibril, serta mozaik dan fresco aneka warna yang tersusun dilangit-langit dan dinding bangunan. Semua lukisan tersebut mengetengahkan atmosfir spiritualitas hidup pemeluk Kristen. Sementara itu, motif kaligrafi Islam ukuran raksasa dan ukir-ukiran bunga yang menghiasi rel atap dan pucuk pilar Hagia Sophia adalah desain dengan nuansa berbeda. Ukiran yang terinspirasi dari bahasa Qurani ini adalah kreasi 1.000 tahun sesudahnya, masa setelah Byzantium jatuh ke tangan Dinasti Ottoman. Hagia Sophia adalah Katedral Byzantium terbesar di Eropa yang kemudian menjadi masjid. Masjid yang memajang kaligrafi Allah, Muhammad, serta ayat-ayat suci, namun tetap membiarkan lukisan-lukisan Yesus dan Bunda Maria serta elemen-elemen kekristenan bertengger disana.

B.Jejak Kronologis
·      Abad 7
Tahun 610 Turunnya wahyu pertama Al-Qur’an.
Tahun 632 Nabi Muhammad saw. Wafat di Madinah.
Tahun 655 Islam menyebar hingga ke Irak dan Mesir.
Tahun 661 Berdirinyara kekhalifahan Umayyah.
Tahun 691 Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock berdiri di Yerussalem. Islam, Kristen, dan Yahudi hidup dengan damai.

·      Abad 8
Tahun 710 Muslim pertama kali masuk Spanyol.
Tahun 712 Islam menyebar hingga Samarkand, Uzbekistan.
Tahun 750 Akhir kekhalifahan Umayyah, berdirinya kekhalifahan  Abbasiyah.
Tahun 762 Baghdad menjadi ibukota kekhalifahan Abbasiyah.
                   Kekhalifahan Al Mansur menerjemahkan semua teks pengetahuan Yunani kuno kedalam bahasa Arab.
Tahun 785 Mezquita, Masjid Cordoba, didirikan oleh Abd Al-Rahman I, yang meneruskan kekhalifahan Umayyah di Spanyol.
Tahun 795 Universitas Islam pertama di Spanyol berdiri.

·       Abad 9
Tahun 800 Sekolah kedokteran dan konsep rumah sakit modern pertama kali didirikan di kota Baghdad
Tahun 832 Khalifah Al-Ma’mun dan Harun Al-Rasyid mendirikan perpustakaan Bait Al Hikmah (House of Wisdom).
                   Al-Khawarizmi membuat buku Al-Jabr wa al Muqabilah yang menjadi pegangan ilmu Aljabar hingga kini.

·      Abad 10
Tahun 931 Abu Al-Qasim Al-Zahrawi dari Cordoba menulis al-Tasrif, enseklopedia kedokteran, menjadikannya bapak Bedah Dunia. Dalam dunia barat, beliau dikenal sebagai Abulcasis atau El-Zahrawi. 
Tahun 936 Kompleks istana Medinat al-Zahra didirikan di Cordoba.
Tahun 969 Awal dari Dinasti Fatimah di Mesir.
Tahun 973 Al-Azhar, Universitas tertua di dunia, berdiri di Kairo, Mesir.
Tahun 980 Kelahiran Ibnu Sina, atau yang dikenal sebagai Avicenna, seorang filsuf dan Ahli fisika

·      Abad 11
Tahun 1009 Al Hakim dari Dinasti Fatimah merusak Gereja Holy Sepulchre di Yerussalem, kemudian memperbaiki lagi.
Tahun 1085 Tentara Kristen mengambil Taledo di Spanyol.
Tahun 1095 Paus Urban mengobarkan Perang Salib, memperbolehkan pasukannya membunuh muslimdengan jaminan surga.
                     Gerakan Reconquista untuk merebut kembali Spanyol dari khalifah Islam.
Tahun1099 Yerussalem diambil alih oleh tentara Kristen.

·       Abad 12
Tahun 1126 Kelahiran Ibn Rushd atau Averroes di Cordoba. Filsuf yang banyak mengkaji karya Aristoteles, memperkenalkan Double Truth Principle yang sangat populer di dunia barat, dan dipercaya menginspirasi Gerakan Pencerahan. Renaissance yang mengakhiri Era Kegelapan di Eropa.
Tahun 1130 Raja Roger 11 naik tahta di Sicily. Dia melindungi Islam dari Perang Salib.
Tahun 1154 Tabula Rogeriena atau Book of Roger, peta dunia yang dibuat oleh Al-Idrisi membantu ekspedisi Vasco de Gama dan Columbus.
Tahun1193 Yerusalem kembali direbut oleh tentara Islam dibawah Salahudin.

·       Abad 13
Tahun 1219 Tentara Mongol menyerang Baghdad, mengahancurkan Bait Al-Hikmah dan membakar seluruh ilmu pengetahuan didalamnya
Tahun 1236 Cordoba jatuh ke tangan Kristen.
Tahun 1238 Muslim di Spanyol terdesak hingga Granada, Dinasti Nasrid mendirikan Al-Hambra sebagai benteng terakhir umat Islam di Eropa.
Tahun 1258 Akhir kekhalifahan Abbasiyah di Baghdad.
Tahun 1271 Berdiri Kerajaan Islam pertama di Indonesia, Samudera Pasai.

·      Abad 14
Tahun 1300 Kemunduran Kekaisaran Byzantium di Constantinopel dan tumbuhnya cikal bakal Kekhalifahan Ottoman (Usmaniyah) di Istanbul, Turki.
Tahun 1313 Bangsa Mongol yang menyerang Baghdad mulai beralih memeluk Islam, mendirikan dinasti baru hingga ke India, Pakistan dan Afganistan.

·      Abad 15
Tahun 1453 Kekhalifahan Ottoman mengambila alih Constantinopel, selanjutnya merubah nama menjadi Istanbul.
                        Gereja Kristen Ortodoks terbesar di dunia berubah menjadi Masjid.
Tahun 1492 Benteng Granada jatuh, Ratu Issabella mengusir Islam dan Yahudi dari tanah Spanyol. Buku-Buku pengetahuan, agama, dan warisan peradaban Islam Cordoba dibakar di lapangan Vivarrambla Granada.
Tahun 1948 Ekspedisi Vasco de Gama dari Portugis mendarat di India atas bantuan navigator muslim Ahmad Ibn Majid.


·      Abad 16
Tahun 1520 Puncak kejayaan Kekhalifahan Ottoman Istanbul dibawah Sulayman the Magnificent.
Tahun 1529 Espedisi Sulayman ke Eropa tertahan di kota Wina, Austria.
Tahun 1565  Espedisi Kesultanan Ottoman ke Indonesia, membantu Sultan Aceh melawan Portugis di Selat Malaka.
·      Abad 17
Tahun 1602 Berdirinya VOC, awal era kolonialisme Belanda di Indonesia.
Tahun 1632 Taj Mahal didirikan oleh Shah Jehan, dari Dinasti Mughal di India.
Tahun 1683 Ekspedisi kedua Sultan Ottoman ke Wina di bawah pimpinan Kara Mustafa Pasha dipukul mundur di Bukit Kahlenberg, Wina, Austria.
Tahun 1688 Beograd dikuasai Kesultanan Ottoman. Islam menyebar cepat di Semenanjung Balkan yang kemudian menjadi Yugoslavia dan Bosnia Herzegovina.

·      Abad 18
Tahun 1707 Kemunduran Dinasti Mughal di India, serangan dari bangsa Persia.
Tahun 1736 Nadir Shah, Raja Persia menguasai Kota Delhi, India.
Tahun 1757 Awal era kolonialisme Inggris di India.
Tahun 1789 Espedisi Napoleon Bonaparte ke Mesir dan Afrika Utara.
Tahun 1799 Jenderal Perang Kepercayaan Napoleon Bonaparte Jacques-Francois Menou, menemukan batu Rosetta.
·      Abad 19
Tahun 1801 Napoleon kembali ke Paris, Jenderal Jacques Francois Menou beralih memeluk Islam.
Tahun 1803 Napoleon memerintahkan membangun Arc du Triomphe du Carrousel dan Arc du Trimphe de l’Etoile dalam garis Axe Historique di kota Paris.
Tahun 1805 Kolonisasi negara-negara muslim oleh negara Eropa semakin gencar.
Tahun 1827 Kemunduran Kesultanan Ottoman.
Tahun 1877 Perang Rusia-Turki di Semenanjung Balkan. Awal jatuhnya Yugoslavia menjadi negara komunis.

·      Abad 20
Tahun 1914 Pembunuhan Franz Ferdinand dari Austria yang memicu PD1
Tahun 1920-an Gelombang nasionalisme di negara-negara berpenduduk Muslim (termasuk Sumpah Pemuda 1928 di Indonesia).
Tahun 1925 Berdirinya Republikasi Turki, era berakhirnya kekhalifahan Ottoman.
Tahun 1928 Gerakan Sekulerisme di Turki di bawah Mustafa Kemal Atturk. Islam tidak lagi menjadi agama resmi di Turki.
Tahun 1935 Atturk mengubah Hagia Sophia menjadi Museum, melarang perempuan muslim memakai jilbab di tempat-tempat umum.
Tahun 1939 Awal Perang Dunia II. Invasi Nazi Jerman di Eropa.
Tahun 1940-an  Perjuangan merebut kemerdekaan di negara-negara Muslim (termasuk Indonesia pada tahun 1945, dan Pakistan pada tahun 1947) Lhirnya negara-negara muslim baru.
Tahun 1998 Uji coba nuklir Pakistan.

·       Abad 21
 Tahun 2001 Serangan teroris terhadap menara kembar WTC di New York yang memicu ketegangan dunia Islam dan Barat.
Tahun 2003 Invasi tentara sekutu ke Baghdad yang memporakporandakan pusat peradaban Islam masa lalu.

KESIMPULAN
Islam pertama kali masuk Spanyol membawa kedamaian dan kemajuan peradaban. Islam tumbuh menyinari Spanyol hingga 750 tahun lebih, jauh sebelum Indonesia mengenal Islam. Umat Islam terdahulu adalah treveler yang tangguh. Jauh sebelum Vasco de Gama menemukan Tanjung Harapan, atau Cristoper Columbus yang menemukan benua Amerika, tokoh-tokoh Islam telah menjelajah menyeberangi Samudra hingga ke Indonesia, berkelana jauh sampai Cina dengan jalur suteranya. Novel 99 Cahaya di Langit Eropa ini menunjukkan bahwa Islam pernah menjadi sumber cahaya yang terang benderang ketika Eropa diliputi abad kegelapan. Islam pernah bersinar sebagai peradaban maju di dunia, ketika dakwah bisa bersatu dengan pengetahuan dan kedamaian.

DAFTAR  RUJUKAN

Wells. G. H. 2013. Short History of The Word : Sejarah Dunia Singkat. Terjemahan Saut Pasaribu. Yogyakarta: Indoliterasi.

Freely. John. 2012. Istanbul Kota Kekaisaran. Terjemahan Fahmy Yamani. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Lanza, Conrad H. 1949. Napoleon dan Strategi Perang Modern. Terjemahan Gatot Triwira. 2010. Jakarta: Komunitas Bambu.

Djaja Wahjudi. 2012. Sejarah Eropa dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern. Yogyakarta: Ombak.

Salsabila, Rais H. 2011. 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.